Wednesday, April 6, 2011

koneksi nat, host only dan bridge

Di VMWare Workstation terdapat tiga koneksi jaringan yaitu Bridge Networking, Network Address Translation (NAT) dan Host-Only Networking.

1. Bridge Networking
Bridge Networking menghubungkan virtual machine anda pada jaringan lokal menggunakan komputer host. Bridge Networking menghubungkan kartu jaringan virtual pada virtual machine ke kartu jaringan fisik pada komputer host. Jika anda menggunakan Bridge Networking, virtual machine anda membutuhkan identitas sendiri. Sebagai contoh, pada seting TCP/IP, virtual machine membutuhkan alamat IP sendiri yang berbeda dengan komputer host.

2.Network Address Translation (NAT)
Network Address Translation (NAT) dapat menghubungkan dengan virtual machine ke jaringan luar dimana anda hanya memiliki satu buah alamat IP pada jaringan fisik, dan alamat tersebut digunakan pada komputer host. Sebagai contoh, gunakan NAT untuk menghubungkan virtual machine kita ke internet melalui koneksi secara dial-up pada computer host atau melalui computer host yang menggunakan kartu jaringan berteknologi wireless.

3. Host-Only Networking
Host-Only Networking menyediakan koneksi jaringan antara virtual machine dengan komputer host, menggunakan kartu Ethernet visual yang ada pada system operasi komputer host. Jika anda menggunakan host-only networking, virtual machine kita dan kartu jaringan komputer host keduanya dihubungkan ke jaringan alamat TCP/IP. Alamat-alamat pada jaringan ini telah disediakan oleh VMware DHCP server.

gampangnya, klo bridge itu spt sistem jembatan. Klo host-only itu menyediakan di bawahnya, klo nat itu mengakses ke luar ... gituuu bosss

2 comments:

dinyo said...

oh.. gt y??

Aldi Radityo said...

Sebagai tambahan terhadap postingan ini , Kurang 1 lagi yaitu Internal Network / Lan Segment , untuk pembahasan silahkan baca disini

https://caragilaku.blogspot.com/2019/04/virtual-network-adapter.html